Langsung ke konten utama

Setting CO pada motor injeksi


  Pada dasarnya Co (karbon monoksida) sudah ada pada motor pertama Yamaha Vixion lama dan terus berkembang hingga motor Yamaha keluaran baru, kenapa Honda dkk tidak menggunakan Co? Lebih tepatnya Honda dkk sudah menggunakan sensor O2 ( mengatur semprotan injeksi ke ruang bakar berdasarkan kondisi panas ruang bakar dan suhu sekitar)
  Nah dari sensor O2 ini kita tidak perlu lagi untuk menyetel Co karena sudah secara otomatis emisi gas buang sudah dilakukan tugasnya oleh sensor O2 ini namun beda halnya dengan kita semisal akan mengganti knalpot kita dengan jenis racing terkadang itu kita perlu menyetel Co sesuai dengan kebutuhan mesin
  Karena air flow knalpot racing berbeda dengan knalpot standar maka kita perlu setting Co sesuai dengan kebutuhan motor, Co dapat disetting ditambah maupun dikurangi yang semula standarnya 0 dapat disetting ke +30 sampai - 30
  Lebih jelasnya jika setingan kita tambah maka jumlah semprotan injektor lebih kaya atau bisa diartikan ruang bakar lebih banyak bensin dari pada udara maka jika air flow knalpot racing tinggi maka diimbangi dengan menaikan Co standar (0) ke kurang lebih +5, namun terkadang itu semua bergantung jenis knalpot yang kita pakai dan suhu udara sekitar, lho kok pake suhu udara segala?
  Nah sebenarnya suhu udara sangat berpengaruh kepada performa mesin seperti halnya busi panas dan busi dingin, Co pun dapat disetting berdasarkan kondisi cuaca apakah panas atau dingin jika sedang cuaca panas maka lebih baik kita naikan setingan Co karena kondisi panas mesin lebih berkurang karena banyaknya BBM yang berada di ruang bakar namun jika kondisi sedang hujan maka kita perlu turunkan (-) setingan Co atau sebaliknya

Pic https://beritabalap.com/rahasia-mesin-mx-king-by-gendut-gdt-racing-libas-sonic-150r-jawara-mp1-motoprix-2018-malang/

 Artikel ini saya buat berdasarkan pemikiran saya tanpa melakukan copy paste dari sumber lain thanks for watching!

Penulis Hendrix (penyuka motor custom dan berbagai hal tentang roda dua) jus mangga til i die wkwkwk

Komentar

Postingan populer dari blog ini

review Custom Kit Katros Garage untuk W175

  Custom kit adalah salah satu produk buatan katros garage untuk kit berbagai macam custom motor namun kali ini katros membuat sebuah part custom untuk motor w175 dan kit ini sama sekali tidak merubah sasis motor maka temen semua bisa bongkar pasang tanpa takut ada perubahan sasis, seperti apa saja kita lihat.... 1. Spakbor depan dan belakang Untuk motor spakbor jelas kebutuhan penting dalam motor custom Karena spakbor pun mencerminkan bentuk atau ciri motor tersebut 2. Skidplate Untuk kit ini telah dibekali skidplate serta dudukan baut untuk bagian depan mesin 3. Muffler full sistem Untuk bagian Muffler katros membuat kenalpot handmade buatan katros namun tidak hanya silincernya saja tapi sampai leher Muffler juga enak kan tinggal geberr 4. Jok Katros membuat jok untuk motor ini dengan bentuk tipis berbeda dengan jok asli yang nimbul maka jok bikinan katros ini terlihat lebih panjang oh ya! Dan jok ini water resistan yaa....  Dan untuk yang part after market

Kotor yang berfaedah ala Flat Tracker!

    Lumpur, Tanah, debu lan sak piturute adalah salah satu hal yang tidak bisa kita hindari maka dari itu terciptalah namanya sabun (jangan tanya buat apa) nah, namun yang saya bahas kali ini bukan tentang kotor atau sabun melainkan motor yang jarang ada di Indonesia tercinta ini yaitu Flat Tracker nah apa itu Flat Tracker? Saya akan membahas di bawah ini permisa.    Yups, flat berarti lurus, lempeng,kurus, cacingan (no sara sorry) dan tracker adalah jenis motor MA atau moto adventure yang mana dapat digunakan dijalan lurus maupun sulit, Sejarah Flat Track ini sendiri pertama kali ada di Amerika serikat tepatnya saat kejuaraan AMA grand national championship (1900an) kerjuaran ini menggunakan sebuah sirkuit yang berbentuk oval yang berasal tanah atau media lainnya namun bukan aspal (mirip kejuaraan nascar).   Dari segi bentuk motor Flat Track ini memiliki sasis seperti motor trail namun pada posisi jok dibuat dengan model single seat dan dan cover belakang yang dibuat seperti c

Jenis Knalpot Akrapovic

  Kali ini saya akan mencoba memberikan review tentang knalpot Akrapovic. Eitsss sebelum masuk kedalam artikel sebaiknya teman-teman tahu tentang knalpot satu ini.   Akrapovic pasti jika ada yang berakhiran dengan "ic"pasti langsung berpikiran dari Kroasia namun kalian salah sebenarnya knalpot ini berasal dari Slovenia dan banyak mendistribusikan berbagai jenis Knalpot ke berbagai event seperti MotoGP, Sportbike dan motor moge.    Langsung saja ini jenis-jenis knalpot Akrapovic cekidot: 1. Knalpot Akrapovic Lorenzo Hitam 2. Knalpot Akrapovic Megaphone 3. Knalpot Akrapovic Megaphone double Muffler 4. Knalpot Akrapovic Titan 5. Knalpot Akrapovic Carbon Fyi artikel ini saya buat berdasarkan pemikiran saya dan foto berasal dari beberapa URL ini: https://www.sportrider.com/akrapovic-and-yamaha-factory-racing-motogp-dream-pairing http://www.racingknalpot.com/byson/knalpot-racing-byson-akrapovic-carbon https://www.knalpotracing.net