Langsung ke konten utama

Mau ganti karburator jadi injeksi? Hmmmm


  Hohoho kali ini admin akan memberikan sebuah artikel tentang mengoprek karburator ke injeksi emang bisa? Lha bisa to, namun dalam perubahan tentu memerlukan beberapa part yang mungkin kalian perlukan, jadi artikel ini membahas tentang part apa saja yang diperlukan untuk merubah karburator menjadi injeksi dalam contoh motor Supra x125 menggunakan part Supra x125 pgm fi.

 1. Fuel pimp+Tanki
Hal yang pertama adalah fuelpump plus Tanki namun apa bila teman2 semua sudah mempunyai dudukan fuelpump ditangkinya maka tidak perlu membeli Tanki baru, cukup fuel pumpnya saja.
 2. Throtle body
Fungsi dari throtle body ini sebagai masuknya bahan bakar melalui injektor serta angin dari katup kupu2 yang melalui sensor map dan iat, lalu bercampur antara debit bahan bakar serta angin menjadi kabut yang akan dibakar nanti dengan pengapian (busi), contohnya jika menggunakan throtle body Supra pgm fi dapat digunakan pada Supra x 125.
 3. ECU
Tugas ECU untuk memperintahkan sensor pada saat pembakaran seperti sensor O2,Eot,TPS,iat,dan bank angle dan juga fuel pump, maka ketika ECU bekerja fuel pump akan mengalirkan BBM ke ruang bakar dan diatur oleh throtle body dan juga sensor O2.
 4. Spul dan sensor ckp
Pada bagian pengapian turut merubah spul dan magnet Karena jumlah tonjolan magnet lebih banyak yang injeksi serta merubah pulser dengan menggunakan sensor ckp namun kurang lebihnya fungsinya sama.
 5. Pengkabelan
Tentunya kabel body milik injeksi dan karburator berbeda jadi harus merubah total dengan menggunakan kabel body milik Supra injeksi karena akan lebih mudah jika terjadi konsleting.
 6. Kiprok
Karena daya arus yang dibutuhkan lebih besar maka harus mengganti kiprok dengan model baru milik Supra injeksi namun aki tetap standar tanpa perlu dirubah.
 7. Sensor O2 dan EOT
Mungkin ini yang agak Sulit karena posisi sensor O2 berada di bawah head(kop), maka perlu membuat bolongan kedalam ruang bakar(seperti Lubang busi) karena untuk mengatur jumlah bahan bakar yang masuk ke ruang bakar, serta sensor EOT yang berfungsi untuk mengatur suhu yang ada didalam mesin dan memberikan kode ke sensor O2 untuk mengatur berapa jumlah bahan bakar yang diperlukan.

Artikel ini dibuat berdasarkan pemikiran penulis serta preferensi dari artikel yang saya cantumkan dibawah dan terimakasih sudah membaca see you!

Hendrix Pratama (penyuka motor kustom dan berbagai hal tentang roda dua jus mangga til i die wkwkwk)

https://mazped.wordpress.com/2013/02/19/motor-karbu-di-injeksikan-bisakah/

Head
https://www.google.co.id/search?q=motogp+throttle+body&safe=strict&client=ucweb-b-bookmark&hl=id&tbm=isch&sa=X&as_q=&nfpr=&spell=1&ved=0ahUKEwiCuuLZhtzhAhUSaI8KHc-cBJwQvwUICQ#mhpiv=3&spf=1555673313702

Picture fuel pump
https://m.bukalapak.com/p/motor-471/sparepart-motor/tangki/5rgxrn-jual-fuel-pump-pompa-bensin-honda-supra-x-125-fi-2009-2013

Komentar

Postingan populer dari blog ini

review Custom Kit Katros Garage untuk W175

  Custom kit adalah salah satu produk buatan katros garage untuk kit berbagai macam custom motor namun kali ini katros membuat sebuah part custom untuk motor w175 dan kit ini sama sekali tidak merubah sasis motor maka temen semua bisa bongkar pasang tanpa takut ada perubahan sasis, seperti apa saja kita lihat.... 1. Spakbor depan dan belakang Untuk motor spakbor jelas kebutuhan penting dalam motor custom Karena spakbor pun mencerminkan bentuk atau ciri motor tersebut 2. Skidplate Untuk kit ini telah dibekali skidplate serta dudukan baut untuk bagian depan mesin 3. Muffler full sistem Untuk bagian Muffler katros membuat kenalpot handmade buatan katros namun tidak hanya silincernya saja tapi sampai leher Muffler juga enak kan tinggal geberr 4. Jok Katros membuat jok untuk motor ini dengan bentuk tipis berbeda dengan jok asli yang nimbul maka jok bikinan katros ini terlihat lebih panjang oh ya! Dan jok ini water resistan yaa....  Dan untuk yang part after market

Kotor yang berfaedah ala Flat Tracker!

    Lumpur, Tanah, debu lan sak piturute adalah salah satu hal yang tidak bisa kita hindari maka dari itu terciptalah namanya sabun (jangan tanya buat apa) nah, namun yang saya bahas kali ini bukan tentang kotor atau sabun melainkan motor yang jarang ada di Indonesia tercinta ini yaitu Flat Tracker nah apa itu Flat Tracker? Saya akan membahas di bawah ini permisa.    Yups, flat berarti lurus, lempeng,kurus, cacingan (no sara sorry) dan tracker adalah jenis motor MA atau moto adventure yang mana dapat digunakan dijalan lurus maupun sulit, Sejarah Flat Track ini sendiri pertama kali ada di Amerika serikat tepatnya saat kejuaraan AMA grand national championship (1900an) kerjuaran ini menggunakan sebuah sirkuit yang berbentuk oval yang berasal tanah atau media lainnya namun bukan aspal (mirip kejuaraan nascar).   Dari segi bentuk motor Flat Track ini memiliki sasis seperti motor trail namun pada posisi jok dibuat dengan model single seat dan dan cover belakang yang dibuat seperti c

Jenis Knalpot Akrapovic

  Kali ini saya akan mencoba memberikan review tentang knalpot Akrapovic. Eitsss sebelum masuk kedalam artikel sebaiknya teman-teman tahu tentang knalpot satu ini.   Akrapovic pasti jika ada yang berakhiran dengan "ic"pasti langsung berpikiran dari Kroasia namun kalian salah sebenarnya knalpot ini berasal dari Slovenia dan banyak mendistribusikan berbagai jenis Knalpot ke berbagai event seperti MotoGP, Sportbike dan motor moge.    Langsung saja ini jenis-jenis knalpot Akrapovic cekidot: 1. Knalpot Akrapovic Lorenzo Hitam 2. Knalpot Akrapovic Megaphone 3. Knalpot Akrapovic Megaphone double Muffler 4. Knalpot Akrapovic Titan 5. Knalpot Akrapovic Carbon Fyi artikel ini saya buat berdasarkan pemikiran saya dan foto berasal dari beberapa URL ini: https://www.sportrider.com/akrapovic-and-yamaha-factory-racing-motogp-dream-pairing http://www.racingknalpot.com/byson/knalpot-racing-byson-akrapovic-carbon https://www.knalpotracing.net